Jakarta Food Security Summit-3 2015

Assalamualaikum,
 
Hari sabtu lalu, tepatnya tanggal 14 Februari 2015 dimana ada sebagian orang merayakan Hari (butuh) Kasih Sayang. Hehe... Saya menghadiri Jakarta Food Security Summit-3 di Jakarta Convention Center, Senayan. Kebetulan acara ini Gratis dan terbuka untuk Umum.

Saya belum pernah hadir di Jakarta Food Security Summit tahun-tahun sebelumnya. Sehingga cukup penasaran dengan isi acara ini. Ternyata acaranya cukup seru, penuh inspirasi dan ilmu baru. Salah satunya adalah bakpau yang dibuat dengan bahan utama tepung singkong yang dibentuk dan diberi warna yang menarik. Saya tidak menyangka kalau jajanan itu ternyata bakpau karena terlalu imut untuk dimakan.
Pao Cassava, bakpau yang terbuat dari tepung Cassava a.k.a Singkong
Selanjutnya saya menemukan mesin penanam padi yang terdisplay di booth salah satu tractor corporation dan ternyata sudah ada yang menggunakan mesin tersebut di Indonesia. Kemudian membayangkan seluruh petani di Indonesia menggunakan mesin ini untuk menanam padi, mungkin Indonesia tidak perlu impor beras lagi dan kedaulatan pangan akan segera terwujud. Keren bukan?

Mesin Tanam Padi


Pada pameran ini, pengunjung pun dapat melihat dan menyentuh langsung berbagai macam hasil bumi asli Indonesia diantaranya yaitu kopi, kedelai hitam, kedelai grobogan, kakao, kelapa sawit dan banyak lagi hasil bumi lainnya. 


Hasil Bumi Asli Indonesia



Tidak hanya itu, saya tertarik pada salah satu booth yang men-display tanaman dengan sistem wolkaponik yang cook sekali diterapkan di rumah yang memiliki keterbatasa lahan untuk bercocok tanam dan saya lagi-lagi baru tahu ada sistem bercocok tanam selain hidroponik yang lebih keren dan seru cara kerjanya karena pada sistem ini memanfaatkan unsur hara dari kotoran ikan yang di reuse sebagai pupuk tanaman Rasanya ingin sekali langsung saya bawa kerumah. Hehe..

Kolam berwarna biru bagian bawah tanaman terdapat kolam ikan yang kotorannya di reuse sebagai pupuk untuk tanaman dibagian atas kolam

Acara Jakata Food Security ini sangat bermanfaat bagi pemerintah, petani dan juga pengusaha di bidang makanan. Saya melihat semua mendapatkan porsi keuntungannya masing-masing. Acara semacam ini harus sering diadakan untuk memberi fakta nyata bahwa Indonesia tak kalah oleh negara sekitarnya dan makanan "Antimainstream" pun tak kalah enak dan bergizi dibandingkan dengan makanan yang sudah biasa dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Semoga dengan diadakannya acara ini Kedaulatan Pangan Indonesia akan segera tercapai dalam waktu dekat. Amiiinn..

Salam,
enowidiani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia (KBSI)

Bike to Abdurrahman Saleh Airport =)