Kata-kata

Beberapa waktu lalu, setelah sholat subuh saya pergi ke IGD Rumah Sakit karena Asma saya kambuh dari malam hari dan tak kunjung reda hingga waktu subuh tiba. Saya memang memiliki riwayat Asma tapi terakhir kambuh sekitar 4 tahun lalu. Selama ini hanya sesak nafas ringan yang bisa dikendalikan dengan minum air hangat istirahat yang cukup dan relaksasi. Tapi hari itu saya harus ditangani di IGD selama 2 jam dan diberi pengobatan. Hal yang tidak pernah saya alami, selama perjalanan kambuhnya Asma saya.

Saat itu saya ditangani oleh seorang dokter perempuan yang dari kata-katanya menjadi obat yang paling mujarab dibanding obat yang diberikan, bagi saya. Beberapa kali beliau menghampiri saya dengan mengucapkan kalimat "obat uapnya sudah habis mba?, semoga setelah diuap sesak napasnya reda ya". Selama 2 jam, terhitung 5 kali beliau menghampiri saya. 5 kali juga beliau mengucapkan kata-kata tersebut.Sesak nafas saya pun mereda.

Pelajaran berharga bagi saya, untuk memperlakukan pasien sebaik mungkin dan sesabar mungkin. 

Kata-kata itu mujarab. Dia bisa jadi obat. Kata-kata yang baik menjadi pelengkap obat terbaik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia (KBSI)

Bike to Abdurrahman Saleh Airport =)